BVET BUKITTINGGI PELAYANAN PRIMA
Bvet Bukittinggi Tingkatkan Layanan Kesehatan Hewan Tahun 2019
764

Tingkatkan Layanan Kesehatan Hewan Tim B-Vet Bukittinggi mulai melakukan Surveilans di awal Tahun 2019

 

Dalam Rangka pemantauan Penyakit yang menjadi Prioritas Nasional dan prioritas regional dalam pengendalian penyakit pada hewan menular strategis, Balai Veteriner Bukittinggi salah satu UPT Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian terus meningkatkan pelayanannya.

Seperti halnya yang sedang dilakukan oleh Tim B-Vet Bukittinggi melakukan Surveilans di seluruh wilayah Kerja Balai Veteriner Bukittinggi yang Meliputi Propinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Tim BBVet Maros, drh. Rina Hartini, Awardi, A.md, Saprianto dan Febriko melakukan Surveilans Penyakit Brucellosis dengan tujuan  untuk deteksi penyakit dalam rangka mempertahankan status wilayah kerja B-Vet Bukittinggi bebas dari Penyakit Brucellosis dan juga dilakukan surveillan dan monitoring penyakit Jembrana di Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatera Barat yang berlangsung tanggal 28 Januari sampai dengan 1 Februari 2019

Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten, Puskeswan Padang laban dan Puskeswan Pancung Soal. Adapun sampel yang diambil yaitu berupa serum darah, ulas darah, feses dan darah antikoagulan pada sapi dan kerbau, sedangkan untuk surveillan dan monitoring penyakit Jembrana dikhususkan untuk sapi Bali.

Disamping itu juga dilakukan pemberian vitamin dan pelayanan kesehatan lainnya seperti pemeriksaan kebuntingan dan penanganan gangguan reproduksi dalam rangka Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yahun 2019

Kegiatan surveilans tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan hewan B-Vet Bukittinggi dalam melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya, yaitu dalam melakukan pengumpulan data, analisis data, serta pencegahan penyakit dan masalah kesehatan hewan.

 

Bagikan