Share This
Get in Touch
BALAI VETERINER BUKITTINGGI
DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN
//Pertemuan Penyusunan SOP Pedoman Surveilans AMR, dan Pelatihan Pengujian Salmonella.spp Sesuai SNI ISO 6579-2017

Pertemuan Penyusunan SOP Pedoman Surveilans AMR, dan Pelatihan Pengujian Salmonella.spp Sesuai SNI ISO 6579-2017

Tags :

Dalam rangka mendukung pelaksanaan surveilans AMR di sektor kesehatan hewan, Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner bekerja sama dengan The Fleming Fund Country Grant to Indonesia melakukan kegiatan persiapan diantaranya penyusunan SOP Pedoman Surveilans AMR, dan pelatihan pengujian Salmonella.spp sesuai dengan standar internasional ISO 6579 bagi seluruh BBVet/BVet/Loka Veteriner.

Pertemuan diselenggarakan pada hari Selasa s/d Jumat tanggal 8-11 Oktober 2024 bertempat di hotel Sahira Bogor. Pertemuan dihadiri perwakilan Flemming Fund Grant Indonesia, Prevalensi Nusantara serta perwakilan dari Laboratorium Balai besar/Balai Veteriner seluruh Indonesia. Pertemuan dibuka oleh ibu Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Dr. drh. Nuryani Zainnudin, M.Si dan dilanjutkan diskusi evaluasi pelaksanaan kegiatan Kesmavet tahun 2024 di masing masing Balai serta tantangan dan hambatan yang ditemui.

Perwakilan dari Balai Veteriner Bukittinggi adalah Drh. Rudi Harso Nugroho, M. Biomed dan Drh. Iga Mahardi. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa pelaksanaan tugas di Bukittinggi adalah dalam rangka memfasilitasi Penerbitan Nomor kontrol Veteriner (NKV) pada Unit Usaha Pangan Asal Hewan serta melaksanakan Pengujian laboratorium dalam persyaratan pengujian lab dalam penerbitan Sertifikat Kesehatan Hewan melalui pengujian laboratorium yang dilakukan oleh laboratorium terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan no registrasi no LP-140 IDN.

Pembicara pada pertemuan adalah : drh. Dinar Hadi Wahyu H, MSc. (Kepala BPMSPH), drh. Ira Virgorita (Poksi PKPH Ditkesmavet), Thomas Weaver Ph.D, Dr Russel Dacombe, Dr Heather Galloway (Flemming Fund) , Dr. drh. Tati Ariyanti MP (Pusat Riset Veteriner-BRIN).

  • 11 views
Sosial Media :
Share
Close