Share This
Get in Touch
BALAI VETERINER BUKITTINGGI
DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KEMENTERIAN PERTANIAN
//Seminar internal di Balai Veteriner Bukittinggi, Selasa,13 Agustus 2024

Seminar internal di Balai Veteriner Bukittinggi, Selasa,13 Agustus 2024

Tags :

Baso, [13/08/2023] – Balai Veteriner Bukittinggi kembali menggelar seminar internal sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Kali ini, seminar berfokus pada topik yang sangat penting dalam kesehatan hewan, yaitu pengujian rabies menggunakan metode ELISA.

drh. Mutia Rahmah, dari laboratorium virologi di Balai Veteriner Bukittinggi, menjadi narasumber utama dalam seminar ini. Dalam paparannya, beliau menjelaskan secara detail mengenai prinsip kerja pengujian ELISA Rabies dan KIT yang digunakan, serta standar pengujian menurut Office International des Epizooties (OIE).

"Pengujian ELISA Rabies memiliki peran yang sangat krusial dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies," ujar drh. Mutia Rahmah. "Dengan metode ini, kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program Vaksinasi Rabies yang dilakukan apakah efektif atau tidak."

Lebih lanjut, drh. Yul Fitria, M.Biomed juga menambahkan mengenai inovasi oleh Lab. Virologi dan Lab. Pengembangan di Balai Veteriner Bukittinggi yakni KIT pengujian  ELISA Rabies yang diberi nama BuktiVet. "Inovasi KIT  ELISA rabies BuktiVet ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya kita untuk memberantas rabies. Dengan adanya KIT BuktiVet ini, kita dapat mendeteksi Titer antibodi rabies dengan biaya yang lebih murah."

Seminar ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari seluruh peserta yang hadir. Para peserta yang terdiri dari medik veteriner, paramedik veteriner, dan staf Balai Veteriner Bukittinggi, tampak sangat tertarik dengan materi yang disampaikan.

Melalui seminar ini telah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya pengujian ELISA Rabies dalam menjaga kesehatan hewan dan masyarakat. Dengan bekal pengetahuan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan di lapangan dan bersama-sama kita wujudkan Indonesia yang bebas dari rabies.

  • 31 views
Sosial Media :
Share
Close